About

I'm sorry if you can't find what are you search and you need on my blog.

Minggu, 19 Agustus 2012

Olahraga Akuatik : Renang Indah

Renang Indah atau juga bisa disebut renang sinkronisasi adalah cabang dari olahraga air yang mencampurkan elemen-elemen dari olahraga renang, senam dan tari. Olahraga ini dilakukan secara perorangan dan beregu baik itu duet, trio bahkan lebih (8 orang).

 
Penampilan renang indah secara beregu

Beberapa hal yang dipadukan dalam olahraga ini adalah keanggunan, keluwesan, nilai artistik, maupun kemampuan seberapa lama anda bisa bertahan di bawah air. Karena salah satu penilaian adalah dari sisi keanggunan maka tidak heran wanita sangat mendominasi olahraga ini dibandingkan pria, oleh karena itu hampir tidak ada kejuaraan renang indah level nasional dan internasional yang membuka pertandingan ini untuk pria, hanya ada US Synchro dan Canada Synchro yang terbuka untuk pria itupun level nasional. Cabang ini juga salah satu yang dipertandingkan di Olimpiade, pertama kali ditampilkan sebagai cabang eksibisi (uji coba) di Olimpiade Helsinki tahun 1952 dan mulai dipertandingkan sejak Olimpiade Los Angeles 1984.

Renang indah diasuh oleh Federation Internationale de Natatation (FINA) sedangkan di Indonesia cabang ini diatur oleh PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) dipertandingkan di Kejuaraan Nasional Renang Indah Kelompok Umur serta Pekan Olahraga Nasional.

Sejarah Awal

Seperti juga olahraga lainnya yang banyak dilakukan oleh orang - orang di waktu dan tempat yang jauh berbeda, bukti - bukti menyatakan pertama kali renang indah dilakukan oleh orang-orang pada masa sebelum masehi, namun secara resmi pertandingan untuk olahraga ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 1891 dan 1892 di Berlin, juga tahun 1893 di London dengan gender atlet adalah pria (wanita belum boleh tampil sampai dengan tahun 1907). Banyak penyebutan untuk renang indah pada awal - awal ini (synchronized swimming) seperti artistic swimming, ornamental swimming, figure swimming, pattern swimming, atau scientific swimming. Di lain tempat sekelompok wanita asal Kanada yang dipimpin seorang bernama Margaret Sellers mengembangkan suatu bentuk teknik dasar untuk menyelamatkan orang tenggelam yang diberi nama ornamental swimming.

Peraturan 

Ada dua cabang pertandingan renang indah yaitu Sikap dasar (Figure) dan Technical Routine, dalam penampilannya cabang ini dibatasi oleh waktu. Perbedaan dari kedua cabang ini adalah figure menggunakan gerakan teknisnya saja dan tidak memakai musik sedangkan technical routine memakai musik.Dan dalam melakukan gerakan ini atlet harus melakukannya dengan urutan sebagai berikut : boost, rocket, thrust, dan twirl. Kedua cabang ini bisa dipertandingkan secara perorangan, duet, trio maupun beregu.

     
Tim renang indah China melakukan technical routine 

 
Seorang atlet renang indah melakukan gerakan figure

Dalam dua cabang ini atlet melakukan dua set gerakan, yaitu : Technical routine (set gerakan dalam figure juga terdapat technical routine) dengan Execution dan overall impresion dan Free routine dengan technical mirit dan artistic impression nya.

Untuk penilaiannya, nilai tertinggi yang bisa didapat oleh peserta adaah 100 poin dari juri sebanyak sepuluh orang dengan masing-masing 5 orang sebagai penilai teknis dan 5 orang lainnya memberi penilaian tentang kesan artistiknya. Masing-masing juri dapat memberi nilai maksimal sampai 10 poin.

Alat-alat
Seperti dalam renang biasa, atlet dapat memakai hampir semua peralatan renang, termasuk penjepit hidung, pakaian renang (dengan desain seindah mungkin untuk mendapat penilaian tambahan), kacamata renang (kecuali dalam pertandingan), serta tata rias untuk penggambaran ekspresinya. Untuk alat penunjang lainnya seperti pengeras suara musik dapat ditaruh didalam air supaya atlet tetap mendengar musik yang berlangsung.


Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Ads

Banner