About

I'm sorry if you can't find what are you search and you need on my blog.

Minggu, 22 Juli 2012

Biografi singkat : Matthew Fontaine Maury



Matthew Maury
(1806-1873)
Komandan angkatan laut Amerika Serikat, yang juga seorang astronom, kartografer, sejarawan, meteorologis, oseanografer, pengarang, geologis, dan pendidik. Memiliki julukan "Penemu jalan laut", "Bapak ilmu oseanografi dan meteorologi angkatan laut," serta "ilmuwan dari laut". Dibesarkan di sebuah ladang di Virginia, tetapi ia memulai komitmen seluruh hidupnya terhadap laut ketika ia memasuki dunia kemiliteran sebagai calon angkatan laut pada tahun 1825, memulai pelayaran empat tahunnya yang membawanya sampai ke seluruh dunia pada tahun 1826. Namun karirnya di bidang kemiliteran harus berakhir pada tahun 1839 setelah ia mengalami kecelakaan di jalan raya, ketika itu pangkatnya adalah letnan. Angkatan laut memesiunkannya dari tugas aktif dan memberinya posisi khusus tanpa tugas, seperti pengawas Depot Tabel-Tabel dan instrumen.

Tak ayal lagi, posisi itu justru menjadi batu loncatan dan membawa dirinya memulai karirnya yang kedua sebagai seorang Oseanografer. Di masa ini ia berupaya membuat tabel angin dan arus samudera dari buku-buku catatan kapal-kapal lama yang tersedia di depot tersebut. Keterbatasan informasi yang diperoleh, membuatnya merancang buku catatan yang sudah ditingkatkan dan mendistribusikannya kepada para kapten kapal Amerika Serikat. Pada pergantian tahun 1847, ia terbitkan tabel angin dan arus yang pertama untuk samudera Atlantik Utara. Untuk itu, ia mendesak diadakannya suatu konferensi Internasional untuk memperkuat nilai kerjasama Internasional dalam bidang ini, yang akhirnya diadakan pada tahun 1853 di Brussels, Belgia. Hasil dari pertemuan ini ialah pelembagaan suatu sistem yang seragam dalam hal pelaporan cuaca dan pengumpulan informasi dalam bidang oseanografi secara baik.

Arus Teluk, adalah salah satu yang paling diingat dalam karyanya di bidang oseanografi, meskipun pertama kali diidentifikasi oleh Benjamin Franklin, Maury lah yang akhirnya membuat peta Arus Teluk, dan mengukur lebar, dalam, dan kecepatannya. Pengetahuan yang akurat akan kecepatan dan arahnya mengurangi waktu layar antara Amerika Serikat dan Inggris. Juga dialah yang telah memberikan gambaran klasik tentang adanya "sungai di dasar laut".

Tahun 1855, Maury menerbitkan Physical Geography of the Sea, buku teks pertama tentang oseanografi. Cyrus Field dari Atlantik Cable Company meminta Maury menyiapkan profil dasar samudera Atlantik. Maury jugalah yang membuat tabel akurat yang pertama dari dasar samudera dan yang menemukan bagian dasar samudera yang meninggi di Pertengahan Atlantik. Pada tahun 1866, bagian yang meninggi inilah yang menjadi rute untuk kabel telegraf Atlantik yang pertama dari Newfoundland ke Irlandia.

Angkatan laut mengangkat Maury menjadi komandan, namun pada awal pecahnya perang saudara pada tahun 1861, membuatnya kembali ke Virginia. Disana ia menjadi kepala pertahanan pantai, pelabuhan, dan sungai bagi Angkatan Laut Konfederasi. Setelah perang usai, Maury mengasingkan diri di Meksiko dan Inggris selama dua tahun. Ia kembali ke Amerika Serikat pada tahun 1868 dan mengajar meteorologi di Virginia Military Institute, suatu jabatan yang dipegangnya hingga akhir hayatnya.

Saat ini dunia mengenangnya sebagai penemu jalan laut, dan sistem pencatatan data oseanografinya masih digunakan hingga sekarang. Depot tabelnya berkembang menjadi U.S Naval Observatory and Hydrographic Office.


Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar

Ads

Banner